Hadis Haji Akbar

Jakarta (KW) Anugerah Alah diberikan kepada umat-Nya saat ini. Setelah didera Covid-19 selama dua tahun lebih, Allah memberikan anugerah ha...

Jakarta (KW) Anugerah Alah diberikan kepada umat-Nya saat ini. Setelah didera Covid-19 selama dua tahun lebih, Allah memberikan anugerah haji Akbar untuk umat-Nya tahun 2022 ini.

 

Bayangkan, pada awal virus ganas ini mendera dunia, jemaah haji dibatasi 1.000 orang Saudi pada tahun 2020. Pada tahun 2021, Kerajaan membatasi ziarah menjadi 60.000 jemaah domestik. Tahun 2022 ini ada 900.000 jemaah haji. Padahal, sebelum Covid-19, ada 2,5 juta jemaah haji setiap tahunnya.
Warga Arab Saudi bersorak karena mulai menggeliat lagi ekonomi mereka. Hotel-hotel selama dua tahun kosong. Mal tak ada pengunjung. Dari sekian jemaah haji itu, sepertiga jemaah luar negeri terbesar datang dari Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Malaysia.

Istilah haji Akbar sendiri jika melihat istilah dalam Al-Quran adalah semua pelaksanaan haji untuk mmebedakannya dengan umrah. Namun, kemudian muncul istilah Haji Akbar jika hari wukuf di Arafah pada tanggal 9 Zulhijjah bersamaan dengan hari Jumat seperti yang dialami Rasulullah sendiri pada tahun 10 Hijriah.

Karena itu berkembang istilah jika hari wukuf jatuh hari Jumat maka disebutnya sebagai Haji Akbar. Apakah ada keistimewaan Haji Akbar itu? Tentu bisa difahami karena bertemunya dua hari yang istimewa: wukuf di Arafah dan hari Jumat.

Imam Muhibbuddin Ath-Thabari, ulama besar Mekah abad ketujuh Hijri menulis dalam kitabnya Al-Qira Liqashidi Ummil Qura halaman 410 sebuah hadis dari Thalhah bin Ubaidilah bin Kariz yang menyebutkan Rasulullah bersabda: “Sebaik hari adalah hari Arafah yang berteparan dengan hari Jumat, yang lebih baik dari 70 haji lainnya.” Hadis in dikutip Imam Razin dalam Tajridus Shihhah.

Abu Thalib Al-Makki yang terkenak dengan kitabnya Qutul Qulub juga mengutip sebuah hadis: “Jika hari Arafah bertemu dengan hari Jumat maka diampuni semua orang yang melaksanakan wukuf.” (MH)

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item