Manfaat Benalu Bagi Kesehatan

Selama ini, jika mendengar kata benalu, yang terbayang dalam benak kita tidak jauh-jauh dari Pengganggu atau perusak tumbuhan. Kini mempuny...

Selama ini, jika mendengar kata benalu, yang terbayang dalam benak kita tidak jauh-jauh dari Pengganggu atau perusak tumbuhan. Kini mempunyai fungsi ganda menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan manfaat apa sajakah yang dapat diambil dari benalu, hal itu akan kita bicarakan dalam tulisan ini.



            Tidak banyak orang yang tahu bahwa Benalu adalah tumbuhan yang sangat kaya akan manfaat. Dan salah satunya adalah Benalu Teh. Benalu Teh sendiri banyak hidup & tumbuh di daerah dataran tinggi, sebagaimana tumbuhan teh kebanyakan tumbuh.

            Di Bogor, Kecamatan Cisarua khususnya desa Cibeureum, benalu Teh sangat dibutuhkan oleh penduduk setempat. Tidak hanya untuk dikonsumsi sehari-hari atau sekadar menghangatkan tubuh saat suhu dingin.namun, Benalu Teh juga dapat dimanfaatkan sebagai penawar berbagai macam penyakit, yang diantaranya sakit pinggang, encok, Gangguan ginjal, Reumatik, Kencing manis dan Kanker.
            “Benalu Teh tuh sebenernya adalah hasil uraian dari kotoran burungyang dikenal oleh warga setempat denagn nama Burung Cinyinyit yang kemudian terprosesalamiah sehingga dapat mempunyai khasiat sebagai penawar berbagai penyakit” ucap pak Daud, salah seorang penduduk desa Cibeureum yang berprofesi sebagai ahli pengobatan alternative.

            Benalu teh sendiri tidak memiliki efek apapun bagi konsumennya, selain karena benalu teh terproses secara alamiah, juga karena tidak menggunakan bahan kimia apapun, dengan aturan minum 1 bungkus benalu teh yang direbus dengan 3 liter air dan diminum 3 kali sehari, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari benalu teh.

            Produksi benalu teh sendiri dilakukan oleh penduduk setempat yang mengambil langsung sumbernya di gunung Kulucilembek. Tidak ada pabrik khusus yang memproduksi benalu teh. Tetapi produksi benalu tehnya sendiri tetap terkoordinir oleh Kelompok Usaha Produktif Cisarua, Bogor, K.U.P. HPCTI Wilayah Bogor dan unit pengembangan Cisarua.

            Jika Kita melihat khasiat dan manfaat yang kita peroleh dari benalu teh sangat tidak sebanding dengan harga yang kita keluarkan. Cukup mengeluarkan Rp. 10.000, kita sudah dapat memperoleh satu bungkus Benalu Teh.

            Maka, Benalu Teh yang selama ini hanya kita ketahui dari sisi negatif, ternyata banyak mengandung manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia. Tingga bagaimana kita menyiasati dan Benalu Teh tersebut teta baik sampai kapanpun. (KA)

Baca Juga:

Serba Serbi 3488813624878974756

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item