Warga Saudi Haji Bayar Rp 18 Juta

Jemaah haji di Mina Jakarta (MCH).  Memang, jika dihitung-hitung biaya haji terbilang murah. taks ampai 3.000 USD. Padahal dari komponen...

Jemaah haji di Mina
Jakarta (MCH).  Memang, jika dihitung-hitung biaya haji terbilang murah. taks ampai 3.000 USD. Padahal dari komponen itu termasuk penerbangan sewa rumah di Mekah dan Madinah serta uang saku sebanyak 400 USD.



Haji memang mahal. Sebab, warga Arab Saudi sendiri jika pingin naik haji tak segampang yang kita duga. Kementerian Haji telah memilih 72 perusahaan untuk melayani para jemaah haji domestik dengan tarip murah kuota haji yaitu antara 3.000 SR hingga 5.000 SR atau sekitar 800 USD hingga 1.500 USD. Tinggal kita kalikan dengan kurs Rp 3.200 untuk periyalnya. Itu pun dibatasi hanya untuk 50.000 jamaah.
Biaya sebesar itu dipakai untuk fasilitas Mekah, Mina, Arafah dan Muzdalifah saja. Tidak ada paket Madinah. Di Mekah juga tidak menggunakan hotel. Jemaah haji dipersilahkan datang pakai bus dari kota di Arab saudi atau pesawat. Biaya itu tak termasuk penerbangan. Jemaah Saudi akan wukuf di Arafah menggunakan tenda biasa dan begitu juga di Mina. Sepanjang perjalanan haji busnya termasuk dalam paket ini. Begitu juga makanan selama pelaksanaan haji.
Mahal? Masih ada tarip yang jauh dari itu bahkan ada yang sampai 4.000 USD. Haji semacam ini dikelola oleh oerjotelan setempat dan setenda hanya berempat. Pingin berdua bisa dengan mengeluarkan 7.000 USD. Jika untuk tarip mahal ini termasuk tinggal di hotel di Mekah selama dua malam dan selama di Mina tinggal di apartemen. Dan masih ada lagi fasilitas super lux yang biasa dipakai raja minyak yang tarip sampai 20.000 USD.
Menurut Direktur Jemaah Haji Domestik Kementerian Haji Arab Saudi, Fayez Al-Burkani, sebenarnya ada 130 perusahaan yang telah menyatakan minatnya dalam proyek haji murah ini, namun, pihaknya hanya memberikan kepada 72 perusahaan.
Seleksi untuk program haji biaya rendah ini dilakukan secara on-line melalui website kementerian. (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Internasional 3999846755301366772

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item