Malaysia Ketatkan Izin Umrah

Datuk Rashidi Hasbullah (kanan) Jakarta (KW-News). Wakil Ketua Setiausaha (Pelancongan) Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan, Datuk Ra...

Datuk Rashidi Hasbullah (kanan)
Jakarta (KW-News). Wakil Ketua Setiausaha (Pelancongan) Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan, Datuk Rashidi Hasbullah menyatakan bahwa ia akan mengharuskan pengusaha umrah memiliki izin khusus. Langkah tersebut dilakukan untuk menutup celah penipuan umrah, termasuk penginapan, pengangkutan udara, dan visa.



Menurutnya, hingga kini, terdapat 61 perusahaan dan agen wisata berizin yang bisa mengeluarkan visa kepada sub agen. “Aturan ini kita keluarkan untuk izin ‘inbound’, ‘outbound’ dan 'ticketing'. Sekarang ini semua paket umrah menggunakan izin 'outbound'. Jadi kita dalam proses mewujudkan izin umrah sahaja," katanya.
“Di negara ini, terdapat 61 perusahaan berizin umrah dan diberikan izin ‘outbound’. Tapi, dalam kenyataannya, kita melihat terdapat 500 perusahaan yang membuat paket umrah mendapatkan visa daripada 61 perusahaan tersebut."
Padahal, menurut Rashidi, “Mereka itu seperti sub agen saja. Mungkin ini sebabnya banyak kasus penipuan atau tidak melaksanakan paket karena tidak mendapat visa. Hanya 61 perusahaan ini saja yang boleh keluarkan visa, jadi kita akan bendung perkara ini,” katanya.
Ia menyatakan itu dalam konferensi pers selepas peresmian Kampanye Kesadaran Penipuan Paket Umrah dan Ziarah di Ayer Keroh, Malaysia.
Kata Rashidi, sebelum tempoh tersebut, kementerian akan memastikan terdapat perjanjian persefahaman (MoU) antara perusahaan sub agen dengan perusahaan yang mempunyai izin ‘outbound’ sebelum membuka tawaran paket umrah kepada umum untuk menghindari penipuan.
Menurutnya, terdapat  2.761 kasus penipuan telah difailkan sejak tahun 2012 hingga Ogos lalu yang mencatatkan kerugian masyarakat sebesar RM15.75 juta.
Harga minimum umrah yang telah dikaji oleh kementerian untuk satu paket umrah 12 hari 10 malam ialah RM4.900 agtau setara dengan 1.200 USD. (Utusan/MH)

Baca Juga:

Informasi Haji 5862898571932452403

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item