Pemimpin Al-Qaeda Tewas dalam Serangan AS di Yaman

Nasser al-Ansi Jakarta (KW-News). Nasser al-Ansi, pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab dilaporkan tewas dalam serangan udara AS di Yama...

Nasser al-Ansi
Jakarta (KW-News). Nasser al-Ansi, pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab dilaporkan tewas dalam serangan udara AS di Yaman. Organisasi pemantau militan berbasis di AS, Site Intelligence, mengutip sebuah pernyataan Al-Qaeda di Semenanjung Arab menyatakan bahwa Ansi tewas pada April lalu di kota pelabuhan Mukalla.



Belum ada konfirmasi dari AS mengenai tewasnya Ansi. Dia merupakan pemimpin Al-Qaeda yang pernah muncul dalam sejumlah video Al-Qaeda di Semenanjung Arab. Dalam salah satu video yang pernah disiarkan, dia mengklaim berada dibalik serangan kantor majalah satir Prancis Charlie Hebdo pada Januari lalu, yang menewaskan 12 orang.
Site juga menyebut Ansi muncul dalam sebuah video yang mengklaim menahan wartawan Amerika Luke Somers yang kemudian tewas dalam sebuah upaya penyelamatan yang gagal oleh pasukan khusus AS dan Yaman.
Site mengatakan putra tertua Ansi dan pejuang lainnya tewas dalam serangan udara di Mukalla. Al-Qaeda memang telah menguasai Mukalla, ibukota provinsi Hadramaut, pada awal April, termasuk sebuah basis tentara di dekat kota tersebut. Tetapi hanya dalam tiga hari, sebagian besar pasukan Al-Qaeda dipaksa keluar dari kota pelabuhan tersebut oleh suku lokal.
Dalam sebuah video, Ansi menyerukan kepada Muslim Sunni untuk menyerang pasukan Houthi yang mengambil alih sebagian besar wilayah Yaman pada September lalu.
Koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah mengambil alih serangan udara melawan Houthi selama enam pekan.
Bulan lalu, Menteri Pertahanan AS Ash Carter mengatakan Al-Qaeda di Semenanjung Arab "meraih kemenangan dalam perang darat" di Yaman karena situasi keamanan yang tidak stabil di negara tersebut. (BBC, 8 Mei 2015)

Baca Juga:

Internasional 3084961674521588463

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item