MERS, Penyelenggara Umrah Sebatas Mengimbau

Cegah MERS dengan masker Jakarta (KW-News). Terkait penyebaran MERS, para pengusaha penyelenggara haji dan umrah yang tergabung dalam em...

Cegah MERS dengan masker
Jakarta (KW-News). Terkait penyebaran MERS, para pengusaha penyelenggara haji dan umrah yang tergabung dalam empat asosiasi mengaku hanya bisa mengimbau jemaahnya yang berusia di atas 65 tahun untuk memikir ulang berumrah. Begitu juga anak-amak di bawah usia 12 tahun dan wanita hamil.


"Kami hanya bisa menyarankan kepada jemaah umrah maupun haji dengan penjelasan faktor resiko," kata Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) H. Ahmad Balukhi, LC, dalam jumpa pers yang dilakukan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Dr. Anggito Abimanyu, Selasa, 6 Mei siang.
Para penyelenggara umrtah dan hajik husus sepakat akan menginformasikan hasil Rakor Kesra hari Senin, 5 Mei kemarin yang membahas soal merebaknya MERS (Middle East Respiratory Syndrome) yang sudah menjangkiti hampir 500 orang di Arab Saudi. "Tapi, tentu kami tak berhak melarang," kata Balukhi.
Balukhi juga meminta agar soal MERS tidak ditanggapi terlalu berlebihan sehingga meresahkan masyakarakat. "Kami percaya bahwa kemuliaan Tanah Haram akan bisa menangkal itu semua. Tebukti tahun 2012 ketika merebak flu burung, juga berakhir tidak terjadi apa-apa," kata Balukhi.
Terkait dengan Rakor Kesra hari Senin kemarin itu, pihak Kementerian Agama mencoba menjelaskan kondisi yang ada terkait dengan MERS. Karena WHO sendiri juga hanya memasukkan kasus MERS sebatas travel advice, tentu pemerintah tak bisa melarangnya. Pemerintah hanya mengimbau jemaah usia di atas 65 tahun, anak-anak di bawah 12 tahun, jemaah dengan defisiensi kekebalatn tubuh, dan wanita hamil menunda umrah atau haji.
Dalam rangka menangkal penyebaran dan penularan MERS ke Indonesia, Kementerian Kesehatan akan memasang thermal scanner di bandara embarkasi dan debarkasi serta pelabuhan laut yang diduga dipergunakan sebagai pintu masuk dari Timur Tengah. (MH)

Baca Juga:

Kesehatan 3210629215356433490

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item