Obama Akan Tarik Seluruh Pasukan dari Afganisthan

Washington – Presiden Barack Obama memastikan akan menarik seluruh pasukan AS dari Afghanistan mulai akhir tahun ini jika tidak ada pena...

Washington – Presiden Barack Obama memastikan akan menarik seluruh pasukan AS dari Afghanistan mulai akhir tahun ini jika tidak ada penandatanganan perjanjian keamanan di sana. Hal itu sudah disampaikan Pemerintahan Obama kepada Afghanistan Selasa (25/2). Keputusan itu dipastikan bukan sebagai gertakan dari AS untuk Afghanistan.
Dalam pernyataannya, Menteri Pertahanan Chuck Hagel dari Gedung Putih menyiratkan adanya rasa tidak sabar dari Presiden Barack Obama atas penolakan Presiden Afghanistan Hamid Karzai untuk menandatangani perjanjian keamanan. Perjanjian itu terkait kepastian posisi ribuan tentara AS tetap berada di negara itu setelah tuntasnya operasi tempur tahun ini.
Gedung Putih mengatakan, Obama melakukan pembicaraan telepon dengan Karzai pada Selasa untuk membahas rencana digelarnya pemilihan umum di Afghanistan untuk mencari pemimpin Afghanistan yang baru. Saat itu Obama mengingatkan bahwa waktu sudah hampir habis untuk mempertahankan pasukan AS di Afghanistan sebelum 2014 berakhir.
"Presiden Obama telah meminta Pentagon untuk memastikan bahwa ia memiliki rencana yang pas untuk mencapai penarikan pasukan AS, sehingga setelah 2014 tidak ada lagi pasukan AS di Afghanistan,” tutur Gedung Putih.
Sementara itu, seorang pejabat senior Pakistan memperingatkan bahwa penarikan pasukan AS dari Afghanistan akan memiliki konsekuensi yang mengerikan yakni mengarah ke perang sipil di negeri itu.

(Sumber : Beritasatu.com)

Baca Juga:

Internasional 3606351238297669452

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item