Kejutan di Saudi, Maskawin Hanya 1 Riyal

Jakarta (KW-News). Warga Arab Saudi tak selamanya menetapkan maskawin yang tinggi untuk anak-anak mereka. Sebab, sebuah kasus pernikahan di Arab Saudi hanya menetapkan maskawin 1 Riyal atau sekitar Rp 3.000.
Pengantin di Arab Saudi (illustrasi)

Nasib baik ini dialami seorang pria Saudi di kota Remah. Calojn mertuanya bersedia menikahkan putrinya dengan laki-laki itu hanya dengan maskawin satu riyal. Mengebohkan, memang. Demikian seperti dibertitakan harian Arab News edisi Senin, 27 Januari hari ini.

Pasalnya, menurut harian terkemuka di Arab Saudi itu, calon pengantin kehilangan uang simpanannya karena kecelakaan yang menimpanya. Ia selamat. Namun, uangnya ada yang 'menyelamatkan' yang tak diketahui rimbanya.
Calon pengantin itu mengambiul semua simpanannya di bank yang semula direncanakan untuk membayar maskawin. Apa daya. Nasib tak bisa ditolak ketika kecelakaan menimpanya. Semula, pengantin pria ingin menunda pernikahannya untuk kembali mengumpulkan uang untuk maskawin itu.

Tapi, sang mertua justru kenolak karena undangan sudah disebar.  Akhirnya, sang mertua yang bijak itu tak memasalahkan soal maskawin. Bahkan secara simbolis maskawin ditetapkan 1 riyal.
Peristiwa yang dianggap melanggar adat itu ternyata memunculkan pujian, bukan kecaman. Masyarakat di Remah dan juga komentar di beberapa jaring sosial di Saudi setuju dan mendukung langkah murahnya maskawin itu. (MH).

Baca Juga:

Serba Serbi 8862123977930992714

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item