Bandara Moderen Jeddah Selesai 60%

Pangeran Fahd inspeksi bandara Jeddah Jakarta (KW-News). Bandara international baru Raja Abdulaziz di Jeddah dengan fasilitas kelas duni...

Pangeran Fahd inspeksi bandara Jeddah
Jakarta (KW-News). Bandara international baru Raja Abdulaziz di Jeddah dengan fasilitas kelas dunia akan siap pada  akhir tahun 2014 ini. Demikian dijelaskan ini Pangeran Fahd bin Abdullah, Presiden Otoritas  Jenderal Perhubungan Udara Kerajaan Arab Saudi.
"Sekitar 60 persen dari proyek tersebut telah selesai dan sisa pekerjaan akan dilakukan lebih  cepat untuk selesai tepat waktu," kata Fahd, setelah memeriksa kemajuan pekerjaan di bandara  pada hari Sabtu, 4 Januari lalu .
Pangeran Fahd mengatakan, pengoperasian percobaan bandara baru akan mulai selama lima bulan  pertama tahun 2015. Ekspansi baru akan meningkatkan kapasitas tahunan bandara untuk 30 juta  penumpang pada tahap pertama dan 80 juta di tahap akhir.
Denganm dana sebesar SR27 miliar atau sekitar Rp 60 triliun, bandara baru ini dirancang untuk  membuat bandara Raja Abdul Aziz sebagai salah satu hub terbesar di dunia. Mencakup area  seluas 670.000 meter persegi, bandara akan memiliki dua terminal baru untuk penumpang  domestik dan internasional .
Pangeran Fahd mengatakan GACA memiliki rencana untuk melatih 100 tenaga ahli Saudi untuk  bisa mengoperasikan peralatan cangih. "Kami juga akan melatih karyawan pemerintah yang  bekerja di bandara untuk meningkatkan kinerja mereka," kata kepala GACA.
Menteri Keuangan Ibrahim Al - Assaf, yang menemani sang pangeran selama tur mengatakan,  proyek bandara baru di Jeddah dan Madinah menawarkan peluang investasi yang cukup besar di  sektor swasta.
"Saya bisa melihat kemajuan yang cukup besar dalam proyek perluasan bandara Raja Abdul Aziz.  Saya percaya jika pekerjaan berlangsung pada kecepatan tinggi ini, akan diselesaikan segera,"  kata menteri. Bandara Jedah baru akan memainkan peran penting dalam menghubungkan Timur  dan Barat .
Faisal Al-Sugair, wakil presiden GACA, Khaled Al-Molhem, direktur jenderal Saudi Arabian  Airlines, dan Abdul Hameed Abalarry, direktur jenderal KAIA, mendampingi Pangeran Fahd  selama tur bandara.
Terlepas dari pembangunan dua terminal baru, proyek ini meliputi lounge penumpang, sebuah  bangunan concourse baru dengan 25 jembatan penumpang tambahan dan bangunan konektor  yang menghubungkan terminal, jembatan udara dan gerbang bergerak, perluasan dan renovasi  keseluruhan Terminal Selatan, apron dan modifikasi dan ekstensi taxiway, sistem listrik dan  mekanik, dan parkir mobil.
Demikian seperti diberitakan harian Arab News edisi Ahad, 5 Januari. (MH)

Baca Juga:

Internasional 82471017632075387

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item