Turki dan Uni Eropa Sepakat untuk Perjalanan Bebas Visa

Warga Turki telah mengambil langkah lebih dekat untuk perjalanan bebas visa ke Uni Eropa , seperti yang dinaytakan oleh pejabat dari Komisi ...

Warga Turki telah mengambil langkah lebih dekat untuk perjalanan bebas visa ke Uni Eropa , seperti yang dinaytakan oleh pejabat dari Komisi Eropa dan pemerintah Turki pada hari rabu lalu.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan kepada wartawan di Brussels bahwa ia akan menandatangani perjanjian tersebut pada tanggal 16 Desember.

Dia mengatakan kesepakatan itu ditandai sebagai hari bersejarah bagi orang-orang Turki , untuk Uni Eropa dan untuk proses integrasi Turki ke dalam Uni Eropa.

" Setelah upaya panjang oleh otoritas Turki dan Eropa , hari ini kami sepakat untuk memulai , untuk memulai dialog liberalisasi visa dan juga untuk menandatangani perjanjian diterimanya kami ke dalam Uni Eropa , " kata diplomat top Ankara .

Sebagai imbalannya , Ankara akan diharapkan untuk menandatangani kesepakatan yang akan memungkinkan pemerintah Uni Eropa untuk mengirim kembali imigran ilegal menyeberang ke Eropa dari Turki .

" ( Kesepakatan ) menciptakan momentum berkelanjutan dalam hubungan kami yang harus pertama-tama memiliki dampak positif menempatkan pembicaraan aksesi kembali ke jalur " , kata komisi perluasan Uni Eropa Stefan Fuele .

Dalam tanda lain dari membaiknya hubungan Turki dan Uni Eropa yaitu dimulainya babak baru pembicaraan keanggotaan bulan lalu . Pembicaraan telah tertunda oleh beberapa blok akibat protes atas tindakan keras Turki terhadap demonstrasi anti - pemerintah .

Turki memulai negosiasi untuk bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2005 , 18 tahun setelah mengajukan diri sebagai anggota . Tapi serangkaian hambatan politik , terutama atas pulau Siprus, dan penolakan terhadap keanggotaan Turki oleh Jerman dan Perancis , telah memperlambat kemajuan
(Kharizma/Euronews.com).

Baca Juga:

Internasional 620084626457358369

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item