Penjualan Emas di Mekah Merosot Tajam

Jakarta (KW-News). Diakui emas Arab Saudi merupakan emas yang bermutu baik, sehinga banyak orang yang memanfaatkan untuk membelinya selagi...

Jakarta (KW-News). Diakui emas Arab Saudi merupakan emas yang bermutu baik, sehinga banyak orang yang memanfaatkan untuk membelinya selagi di sana. Menurut harian Arab News, toko ema smerupakan toko tersibuk selama musum haji dan umrah melayani pembeli.
Memang, kali ini sedikit sepi. Kenapa? Sejumlah negara-nehara Arab mengalami krisis ekonomi karena reformasi dan revolusi di negara itu. Menurut sjeumlah pedagang emas di Mekah, kelesuan pasar mencapai separuhnya. Kalung, liontin, cincin emas, gelang menjadi andalan oleh-oleh buat orang-orang tercinta di rumah. Harga emas yang meroket dan dibarengi kesuliran ekonomi di sejumlah mnegara Arab membuat emas tak dilirik.
Menurut mereka, sampai 2 juta jemaah haji dari luar Arab Saudi yang biasanya menghabiskan beberapa hari pertama mencari hadiah dan souvenir untuk dibawa pulang sebelum ritual haji dimulai. Sementara restoran dan warung makanan di dekat Masjidil Haram tetap sibuk. Toko emas tetap kosong. Pemilik toko tampak bosan menunggu pembeli, membolak-balik majalah dan bermain dengan ponsel.
"Penjualan emas benar-benar terpukul. Aku akan mengatakan pasar turun lebih dari 50 persen dibandingkan dengan musim haji lalu," kata Mohammed Al - Himms, manajer toko perhiasan di MS luar Masjidil Haram Makkah.
Sekitar 40 persen dari bisnisnya menjadi langganan jemaah haji asal Mesir , yang telah lama menjadi beberapa langganan utamanya. "Tapi sekarang karena mereka telah dipengaruhi oleh Arab Spring mereka tidak punya uang tambahan untuk dibelanjakan pada emas."
Mohammed Abduallah, manajer cabang di Emas dan Perhiasan Thabit , toko lain di luar Masjidil Haram mengatakan bahwa harga emas dunia yang lebih murah pada tahun ini telah gagal untuk diterapkan pada pasar ritel .
"Emas dianggap mewah dan bahkan dengan harga yang lebih rendah, orang-orang dari negara-negara Arab tidak memiliki pendapatan yang cukup untuk berbelanja di toko kami," katanya .
Harga emas di pasar ritel Mekah tahun ini sekitar SR160 per gram dibandingkan tahun lalu yang mencapai sekitar SR200. Di pasar dunia, emas spot turun 1,5 persen pada $ 1,266.80 pada hari Jumat, setelah sebelumnya jatuh sebanyak 1,8 persen ke level terendah sejak 10 Juli pada $ 1,262.14 per ounce .
Pengecer lain mengalami penurunan karena toko mereka yang digusur menjauh darisekitar Masjidil Haram. Penginapan jemaah haji telah dipindahkan jauh dari pasar dan hambatan ditempatkan di sekitar beberapa pintu masuk sehingga sulit bagi pengunjung untuk menjangkau daerah tersebut, kata mereka.
"Jadi kita mendapatkan situasi orang yang kurang datang ke sini," kata Jalal al-Amiri , manajer toko di Al-Romaizan, dekat Masjidil Haram. Otoritas keagamaan Arab Saudi juga telah menyetujui permintaan pemerintah untuk mengurangi jumlah jemaah haji ke Mekah tahun ini karena pengerjaan perluasan Masjidil Haram. "Jumlah yang lebih rendah jemaah juga mempengaruhi bisnis kami yang memburuk," kata Al-Amiri.
Tahun lalu lebih dari 3 juta jemaah melakukan perjalanan ke Mekah untuk berhaji. Tahun ini angka menunjukkan penurunan sekitar 1 juta jemaah. (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Serba Serbi 7659939170432462177

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item