Mina Semakin Luas

Jakarta (KW-News). Langkah memindahkan kantor-kantor pemerintah yang terkait dengan haji di Mina akan membuat lahan Mina bertambah luas 23...

Jakarta (KW-News). Langkah memindahkan kantor-kantor pemerintah yang terkait dengan haji di Mina akan membuat lahan Mina bertambah luas 23 persen. Hal ini akan bisa 85.000 jamaah lebih tahun ini. Demikjian seperti dijelaskan Sultan Al-Dossary, juru bicara kantor gubernurabn Mekkah.
Perkantoran pemerintah akan dipindahkan ke Muzdalifah. Menurut Al-Dossary, tahap pertama pemindahan itu telah selesai di atas lahan seluas 1 juta meter persegi. Sebagian besar lembaga pemerintah non-esensial akan bergeser ke fasilitas baru, katanya.
Al-Dossary mengatakan, tahap kedua proyek akan dilaksanakan pada waktunya untuk memindahkan lembaga pemerintah yang tersisa dari Mina dalam beberapa tahun mendatang. Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al - Faisal akan memeriksa kompleks bangunan baru pada hari Senin besok. Kompleks pemerintahan baru ini terletak di perbatasan Muzdalifah, terdiri 13 bangunan dengan 3.200 kantor dan unit perumahan di samping helipad dan tangki air besar dengan kapasitas 36.000 meter kubik air.
Hiongga saat ini tercatat lebih 600.000 jemaah haji dari mancanegara telah tiba untuk haji yang dimulai pada 13 Oktober. Hampir dua juta jemaah diperkirakan akan melaksanakan haji tahun ini.
Pangeran Khaled telah menginstruksikan 15 instansi pemerintah untuk mengambil langkah cepat untuk mencegah kemungkinan banjir dari jalan-jalan menuju Makkah dan tempat suci lainnya selama musim haji ini.
"Kantor pemerintah terkait harus mengerahkan cukup tenaga dengan peralatan yang diperlukan untuk menangani banjir dan melindungi jemaah bepergian melalui rute rawan banjir, " kata seorang sumber.
Presidensi Meteorologi dan Lingkungan telah meramalkan kemungkinan curah hujan ringan di Makkah dan Madinah selama musim haji. Selama bulan Oktober, 1985-2012, Makkah mengalami hujan yang diikuti banjir.
Dalam laporan cuaca untuk Oktober, ia mengatakan bahwa suhu di Makkah siang hari akan panas dan cuaca yang menyenangkan di malam hari. Suhu akan berkisar 38-43 Celcius pada siang hari dan 24 sampai 27 Celcius di malam hari. Kelembaban akan turun menjadi 14 persen pada siang hari dan naik menjadi 87 persen pada malam hari, tambahnya. (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Internasional 5811539642347236473

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item