Manfaatkan Pesawat Haji Kosong Pulangkan TKI

Jakarta (KW-News). Konsul haji Indoensia di Arab Saudi, Dr. Syairozi Dimyathi mengatakan kepada harian Arab News  bahwa pemrintah Indonesia ...

Jakarta (KW-News). Konsul haji Indoensia di Arab Saudi, Dr. Syairozi Dimyathi mengatakan kepada harian Arab News  bahwa pemrintah Indonesia berencana memanfaatkan pesawat haji yang kosong untuk memulangkan tenaga kerja Indonesia yang bermasalah di Arab Saudi.
"Pemerintah kami berencana untuk menggunakan 10 penerbangan kosong  Garuda untuk mengangkut pekerja ilegal. Tahun lalu, kami menggunakan tujuh penerbangan tersebut untuk mengangkut warga negara bermasalah. Dengan masa tenggang baru, angka tersebut diperkirakan akan meningkat," katanya seperti dikutip harian Arab News edisi Senin, 9 September hari ini.
Para pekerja illegal di Arab Saudi
Ribuan pekerja asing ilegal yang kini bermasalah di Arab Saudi kibni akan dipuangkan dengan penerbangan jemaah haji yang kosong. Sekitar 749 penerbangan dari berbagai tujuan di Asia mulai terbang mengangkut jemaah haji dari Sabtu kemarin. Semua pesawat pulang dengan kosong penumpang. Penerbangan ituharap dijadikan momentum pemulangan tenaga kerja karena batas akhir yang ditetapkan Arab Saudi adalah 3 November.

Banyak dari mereka berjuang untuk bisa pulang sebelum tanggal itu agar tidak masuk daftar hitam. Pekerja yang telah menyelesaikan prosedur di imigrasi dapat dibebaskan dari beban membayar biaya repatriasi dengan menaiki pesawat kosong . Ekspatriat didesak untuk mencapai Jeddah atau Madinah melalui jalan darat dalam rangka mencari keberangkatan melalui salah satu penerbangan ini setelah mendapat pemeriksaan imigrasi dan persetujuan pemerintah mereka untuk mengangkut mereka dengan gratis. Sumber-sumber diplomatik mengatakan bahwa pengorganisasian pemulangan penerbangan haji sewaan bukanlah tugas yang mudah, terutama karena penundaan dalam memperoleh izin imigrasi dari pusat deportasi.

India yang memiliki jumlah pekerja ilegal tertinggi yang menunggu dipulangkan, tidak memiliki rencana untuk mengangkut warga negaranya pada penerbangan haji kosong. Demikian disampaikan Konsul Jenderal India Faiz Ahmed Kidwai mengatakan kepada Arab News .

Aftab Ahmed Khokher, Konjen Pakistan di Arab Saudi juga mengatakan kepada Arab News bahwa PIA tidak membawa pekerja ilegal untuk kembali melalui pesawat penerbangan haji. Konsul Jenderal Bangladesh Mohammad Nazmul Islam mengatakan: "Kami sedang menjajaki kemungkinan dan masalah ini sedang dibahas dengan Bhiman (maskapai Bangladeh). Saya sendiri telah mengesahkan usulan untuk memulangkan mereka dengan biaya minimum melalui penerbangan haji kosong." (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Internasional 3347859826884548499

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item