Jemaah Haji Mulai Tiba di Arab Saudi

Jemaah pertama asal India awali kedatangan jemaah haji 1434H Jakarta (KW-News). Kelompok Terbang (Kloter) pertama jemaah haji India tiba...

Jemaah pertama asal India awali kedatangan jemaah haji 1434H
Jakarta (KW-News). Kelompok Terbang (Kloter) pertama jemaah haji India tiba di bandara Pangeran Muhammad di Madinah Sabtu, 7 September kemarin.  Sebanyak 235 jemaah berasal dari Goa, India, yang mengawali kedatangan jemaah haji dan operasional haji di Tanah Suci.
Menurut Irshad Ahmad, konsul pers dan informasi pada Konsulat Jenderal India di Jeddah, Dubes Hamid Ali Rao dan Konsul Jenderal Ahmad Faiz Kidwai ikut menyambut para jemaah.
Jemaah tertua tercatat adalah seorang wanita 82-tahun bernama Aisamma, dan termuda seorang pria 24 tahun bernama Fawaz. Sebuah tim medis, dengan dokter dan perawat pria dan wanita, hadir di bandara. Semua jemaah berada dalam kesehatan yang baik dan siap melakukan ritual haji mereka. Perjalanan ditempuh sekitar 4 jam dari Goa.
Ahmad mengatakan ada 10 kelompok perumahan (maktab) bagi jemaah haji India di Madinah. Kelompok pertama ini akan tinggal di Ilyas Group, Hotel Safia Ilyas di daerah Markazia. Setelah menghabiskan delapan hari di sana, mereka akan melanjutkan ke Mekah melalui jalan darat.
Menyambut para jemaah, Rao berharap mereka menjaga kesehatan dengan baik dan berharap mereka akan menunaikan ibadah haji dengan mudah.
Ahmad mengatakan sistem manajemen pengaduan online telah disediakan di kedua kota suci Madinah dan Makkah untuk mengatasi keluhan dari para peziarah.
Selain kantor haji India yang berada di Makkah dan Madinah, ada lima kantor cabang di Madinah, lima apotik cabang dan sebuah poliklinik dengan 10 tempat tidur. Ada 13 kantor cabang di Makkah, 13 apotik cabang, satu rumah sakit 50-tempat tidur dan satu rumah sakit 30 tempat tidur di Azizia. Para Jemaah juga memperoleh Adahi kupon (untuk hewan kurban) dari kantor cabang di Madinah dan Makkah.
Mereka juga memiliki fasilitas untuk check-in bagasi jarak jauh di Makkah dan Madinah. Semua jemaah akan diberikan kaleng Zamzam ketika mereka meninggalkan rumah.
Akan ada 193 penerbangan ke Madinah membawa 60.800 jamaah dari 136.020 jemaah haji India. Air India akan terbang 88 penerbangan ke Madinah dan Saudia akan menerbangkan 105 kali. (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Internasional 3197212439003254486

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item