Bebas Cadar di Inggris

Mahasiswa Universitas Birmingham Jakarta (KW-News). Salah satu perguruan tinggi terbesar di Inggris pada hari Jumat, 13 September kemar...

Mahasiswa Universitas Birmingham
Jakarta (KW-News). Salah satu perguruan tinggi terbesar di Inggris pada hari Jumat, 13 September kemarin telah mencabut larangan bercadar bagi mahasiswi muslim, setelah ribuan orang menandatangani petisi untuk menentang aturan.
Birmingham Metropolitan College mengatakan di Facebook bahwa ia akan mengubah kebijakan untuk memungkinkan orang mengenakan item tertentu dari pakaian pribadi sebagai cerminan nilai-nilai budaya mereka, tulisnya.
Perguruan tinggi di Birmingham, sebuah kota di Inggris tengah dengan populasi Muslim yang besar, sebelumnya mengatakan akan mengapus kerudung dan cadar sehingga wajah terlihat. Ini akan berlaku setelah melarang niqab, cadar yang dikenakan beberapa muslimah yang hanya membuka kedua matanya.Kebijakan ini mendapat dukungan dari Perdana Menteri David Cameron. Seorang juru bicara mengatakan ia percaya lembaga pendidikan harus mampu mengatur dan menegakkan kebijakan seragam sekolah mereka sendiri.
Tetapi, sekitar 9.000 orang menandatangani petisi yang dikoordinasikan oleh National Union of Students (NUS) yang menentang kebijakan tersebut. "Larangan ini merupakan pelanggaran yang lengkap tentang hak untuk kebebasan beragama dan ekspresi budaya dan merupakan pelanggaran jelas hak perempuan untuk menentukan pilihan," kata pengurus NUS, Aaron Kiely, yang kebetulan seorang mahasiswa kulit hitam. Wakil Perdana Menteri Nick Clegg mengatakan pada acara radio mingguan LBC bahwa ia 'gelisah' dengan kebijakan tersebut.
Shabana Mahmood , seorang anggota parlemen lokal untuk Partai Buruh yang oposisi menyamut baik perubahan itu.

Usulan pelarangan cadar dilakukan oleh sayap kanan kubu konservatif parlemen Inggris, Philip Hollobone meniru hukum yang diperkenalkan di Perancis pada tahun 2011. (AFP/MH)

Baca Juga:

Internasional 7046949410161034820

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item