Jemaah Haji Embarkasi Jakarta Terbang Lewat Halim

Bandara Halim Mampu Didarati Pesawat Raksasa Jakarta (KW-News). Jemaah haji Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Lampung tahun ini akan meng...

Bandara Halim Mampu Didarati Pesawat Raksasa
Jakarta (KW-News). Jemaah haji Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Lampung tahun ini akan mengalami perubahan bandara. Jika selama sejak tahun 1987 mereka menggunakan bandara Soekarno-Hatta, kini sejak mjusim haji tahun 2013 akan kemba,i ke Bandara Halim Perdana Kusuma.
Hal ini dikemukakan  ini Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko. Pihaknya, sejak September nanti akan  segera mengoperasikan Bandara Halim Perdanakusuma untuk pemberangkatan jemaah haji. Dengan demikian jemaah haji yang biasanya ditamoung di Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi akan semakin mudah menjangkau bandara.
Menurut Tri S Sunoko, peberangkatan haji melalui Jakarta mulai tahun ini dilakukan dengan sistem embarkasi. "Dari asrama langsung ke bandara dan terbang. Tidak melalui terminal haji lagi," kata Tri di Jakarta. Sistem embarkasi ini akan dilakukan untuk jemaah calon haji dari Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Sedangkan jemaah haji dari Lampung masih menggunakan terminal haji. "Dari Lampung kan jauh, jadi akan istirahat di terminal haji. Terminal haji di Bandara Halim Perdanakusuma saat ini sedang kami buat," tutur Tri.
Pemindahan penerbangan haji ini terkait rencana pengembangan Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, yang dimulai Maret 2013. Wacana untuk memindahkan tempat keberangkatan jemaah haji, kata Tri, ingin meniru bandara internasional lainnya di seluruh Indonesia yang langsung mendekatkan terminal haji dengan lokasi asrama haji setempat.
PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara tersebut akan melakukan sejumlah renovasi dan penyempurnaan untuk melancarkan proses keberangkatan haji tersebut. "Namun terkait kapan keputusannya, kita akan duduk bersama-sama dengan Dirjen dulu. Tentunya Keputusan Menteri 32/2003 tentang Pengoperasian Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma juga harus dicabut," ujarnya. (*)

Baca Juga:

Nasional 3204088937652103998

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item