Rp 150 Triliun Pendapatan dari Umrah dan Haji

Jemaah umrah Indonesai sedang belanja oleh-oleh Jakarta (KW-News). Kementerian Haji Arab Saudi telah mengeluarkan 4 juta umrah visa tahu...

Jemaah umrah Indonesai sedang belanja oleh-oleh
Jakarta (KW-News). Kementerian Haji Arab Saudi telah mengeluarkan 4 juta umrah visa tahun ini. Jumlah jemaah umrah hingga akhir Ramadan Agustus nanti diperkirakan akan mencapai 6 juta jemaah, lebih banyak dibanding tahun lalu yang 5,5 juta jemaah dari 70 negara.



Juru bicara Kementerian Haji Ali Mohammed Al-Ghamdi mengatakan kemarin bahwa 3.145.506 jemaah telah melakukan umrah. Pengeluaran jemaah selama ini memcapai 3 persen dari Produk Domestik Bruto Arab Saudi. Pada 2012, jamaah Haji dan Umrah menghabiskan SR 62 miliar, atau sekitar Rp 150 triliun, naik 10 persen dari 2011.
Setiap jemaah menghabiskan antara SR 7.000 dan 15.000 SR, dengan bagian terbesar untuk akomodasi, makanan, minuman, oleh-oleh dan panggilan telepon. Mesir, Turki, Pakistan dan Iran mengirimkan sebagian jamaah umrah ke Saudi.
Musim umrah saat ini dimulai pada 14 Desember tahun lalu dan akan berlangsung hingga akhir Ramadhan pada minggu pertama Agustus.
Dengan meningkatnya jumlah jamaah umrah, Kementerian Haji merencanakan sistem visa elektronik terintegrasi menggabungkan misi Saudi di luar negeri. Tujuan utama dari integrasi elektronik adalah untuk memastikan jemaah disediakan layanan yang dijanjikan oleh operator tur.
Tahun ini tercatat telah terjadi penurunan drastis umrah overstay. Arab Saudi tahun lalu mengeluarkan 5,5 juta visa dengan hanya 25.000 orang tidak kembali ke negara asal mereka.
Pakistan memiliki jumlah pelanggar visa umrah terbanyak, yaitu 9.752 jemaah, diikuti oleh Mesir, Suriah dan Aljazair. (ArabianBusiness/MH)

Baca Juga:

Serba Serbi 7239399386018535782

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item