Chevy 'Lahir' Kembali Setelah 100 Tahun

Diluncurkannya mobil Chevrolet Spin beberapa waktu lalu dati pabriknya di Bekasi, Jawa Barat, mengingatkan tahun 1913, 100 tahun yang lalu,...


Diluncurkannya mobil Chevrolet Spin beberapa waktu lalu dati pabriknya di Bekasi, Jawa Barat, mengingatkan tahun 1913, 100 tahun yang lalu, ketika Chevrolet meluncurkan mobil perdananya di AS dengan harga sekitar Rp 22 juta.



Chevrolet kala itu meluncurkan mobil khas yang dulunya dianggap kemewahan yang hanya bisa didapatkan pada model yang dibangun khusus, diciptakan sekali saja. Tapi, Chevrolet mengubah citra tersebut.  
Perusahaan Chevrolet Motor pertama kali dibentuk tahun 1911. Perusahaan baru tersebut bermula di bengkel Flint sebagai kerjasama usaha antara pembalap kelahiran Belgia yang bernama Louis Chevrolet dengan William Durant, seorang pengusaha dan pendiri General Motors. Chevrolet pertamanya, bernama The Classic Six, adalah mobil mewah yang berharga $2500.
Moto Louis Chevrolet adalah "Jangan pernah menyerah". Dan William Durant tidak menyerah begitu saja pada mobil Chevrolet the Classic Six yang gagal membawa keuntungan bagi perusahaan. Secara insting, Ia yakin bahwa mobil dengan model yang bergaya tinggi namun terjangkau bisa menantang dominasi model multiguna dari Ford Model T.
Chevrolet kemudian bergabung dengan grup perusahaan GM tahun 1917 sebagai pembuat mobil yang terjangkau, dan dalam 10 tahun, Chevy menjadi mobil yang terlaris nomor satu di Amerika Serikat.
Tahun 1914, logo "bowtie" Chevy muncul pertama kali. Chevrolet pertama dengan fitur desain klep di kepala blok mesin diperkenalkan.
Di akhir tahun 1913, dua tahun setelah perusahaan berdiri, Chevrolet memperkenalkan mobil model terbuka "Royal Mail" 1914. Model ini merupakan mobil Chevy pertama yang dilengkapi secara spesifik segala atribut model Chevrolet dalam satu mobil. Pada zamannya model yang modern dan rapih, Mobil Royal Mail memiliki penampilan yang sangat memikat.  Mesin 171 cid 4 silindernya sangat tangguh dan memiliki desain klep diatas blok mesin, desain mewahnya sangat mendukung tingkat kekuatan tenaganya. Harganya yang murah $750, termasuk fitur atap, kaca depan, dan penunjuk percepatan, fitur yang biasanya hanya ada sebagai asesoris di mobil yang lebih mahal beberapa tahun sebelumnya. Begitulah sejarahnya yang membuat mobil Royal Mail sangat cocok sebagai mobil yang pertama memakai logo bowtie (dasi kupu-kupu). (*)

Baca Juga:

Internasional 5977275797393738921

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item