Jemaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan

Jakarta (KW) Sejak Sabtu, 12 November hari ini, jemaah haji Indonesia mulai berangsur tiba di Tanah Air. Amirul Hajj Menteri Agama Suryadhar...

Jakarta (KW) Sejak Sabtu, 12 November hari ini, jemaah haji Indonesia mulai berangsur tiba di Tanah Air. Amirul Hajj Menteri Agama Suryadharma Ali juga telah tiba hari Sabtu siang tadi.



Menurut Surya, penggunaan terminal barat di Bandara King Abdul Azis telah memberikan bantuan yang dapat menekan terjadinya keterlambatan waktu pemulangan. Untuk hari pertama saja ada sepuluh kloter jemaah haji yang pulang ke Tanah Air dengan jumlah 3.819 orang dan berjalan cukup baik meski ada keterlambatan satu sampai dua jam.
"Kalau dibandingkan tahun lalu, keterlambatan dalam pemulangan jemaah haji waktunya dapat ditekan. Sebab, pada tahun sebelumnya rata-rata tujuh jam keterlambatannya. Tapi, dengan digunakannya terminal barat keterlambatan tidak terlalu lama," kata Suryadharma Ali saat ditemui di ruang VIP Bandara King Abdul Azis Jeddah.
Melihat kenyataan itu, Suryadharma Ali optimis pelayanan kepulangan jemaah haji ke depannya akan semakin baik. Pasalnya, di terminal barat Garuda telah mendapat dua gate yakni gate 22 dan 23 sehingga diharapkan dapat mempercepat proses pemulangan jemaah.
Mengenai fasilitasnya yang kurang memadahi, menurutnya, karena terminal barat sudah lama tidak digunakan. "Jadi, baru kali ini dimanfaatkan kembali," kata Suryadharma seraya menambahkan, fasilitas nanti akan ditambah.
Dengan demikian, lanjutnya, ke depan akan lebih baik lagi pelayanannya terhadap jemaah haji. Pasalnya, untuk tahun ini sebagai permulaan digunakannya terminal tersebut, pelayanan imigrasinya cukup cepat yakni hanya satui jam.
Pada kesempatan ini Suryadharma Ali juga menegaskan, secara keseluruhan pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih baik dan lancar. Kendati demikian ia mengakui pada satu sisi masih ada kekurangannya. "Namun, Alhamdulillah tehapan-tahapan dalam ibadah haji dapat diselesaikan dengan baik," tandasnya. (MCH)

Baca Juga:

Informasi Haji 4671538043492083232

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item