Kasus Perceraian Tinggi Saat lebaran di Saudi

Saudi (Kereta Waktu). Pengamat dan konsultan keluarga Arab Saudi mencatat bahwa kadar perceraian dikesan meningkat sepanjang musim cuti da...

Saudi (Kereta Waktu). Pengamat dan konsultan keluarga Arab Saudi mencatat bahwa kadar perceraian dikesan meningkat sepanjang musim cuti dan perayaan Idul Fitri 1432 baru lalu. Tapi, dielakkan jika penyebab meningkatnya perceraian itu karena perbelanjaan lebaran.

Konsultan pernikahan, Muhammad Al-Ahmadi seperti dikutip harian Arab News edisi 11 September kemarin menyebut bahwa ada pelbagai sebab perceraian berlaku dan yang paling penting tentunya masalah ekonomi.

Penyebab perceraian dicatat antara lain kasus kecil, seperti istri berkunjung ke rumah kerabat tanpa izin suami, masakan yang kurang pas, keluar lebaran tanpa izin, dan tak setuju membiarkan anak bermain di jalanan selama lebaran.

Malah, ada juga cerita lucu dibalik perceraian yang dilaporkan berlaku sepanjang Idul Fitri baru lalu.
Misalnya, seorang lelaki menceraikan dua isterinya sekaligus karena terburu-buru membeli baju baru untuk lebaran. Satu lagi laporan menyebut seorang lelaki menceraikan isteri karena sang istri menolak ikut berkunjung ke rumah saudara suami dan justru pulang ke rumah ibunya.

Menurut kajian yang dihimpun Pusat Kajian Al Mawadah, ada banyak sebab lain menjadi puncak dan bukan hanya mengenai perbelanjaan lebaran.

Menurut hasil kajian itu, separuh  responden tidak percaya persoalan perbelanjaan Idul Fitri menjadi penyebab utama perceraian. Kira-kira 63 persen tidak percaya bahawa Idul Fitri sebagai perayaan untuk mengukuhkan ikatan kekeluargaan. Sedangkan 37 persen masih berpegang keyakinan bahwa idul Fitri memperkuat hubungan kekeluarhgaan. (MH)

Baca Juga:

Serba Serbi 8704756944116128321

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item