Harga Ternak di Saudi Naik 50 Persen

Jakarta (KW-News). Menjelang mesuki bulan suci Ramdan 1435 Hijriyah ini harga-harga terutama daging dan pangan lainnya mulai naik di Arab Sa...

Jakarta (KW-News). Menjelang mesuki bulan suci Ramdan 1435 Hijriyah ini harga-harga terutama daging dan pangan lainnya mulai naik di Arab Saudi. Hal yang sama akan dialami pada musim haji bulan September mendatang.



Hal ini dikemukakan Hussein bin Marei, seorang warga Arab Saudi, yang mengatakan bahwa ia biasanya membeli setidaknya dua ekor domba dengan harga perekornya di SR600 setiap Ramadhan. Daging domba adalah makanan favorit bagi keluarga di Arab Saudi. Namun, ia kaget setelah melihat harga di pasaran yang sudah menerakan harga SR900 hampir. "Saya yang seharusnya beli dua ekor terpaksa hanya hisa beli seekor," katanya, seperti dikutip harian Arab News edisi Rabu, 18 Juni hari ini.
Hussein harus membelinya meskipun kenaikan harga domba mencapai 50 persen. "Sup domba selalu menjadi salah satu hidangan utama keluarga saya di buka puasa, karena itu saya tidak boleh menyerah hanya karena soal harga," katanya.
Pedagang mendorong kenaikan harga karena permintaan yang tinggi disebabkan beberapa faktor: liburan sekolah, musim pernikahan, dan menjelang Ramadhan yang rata-rata meningkatkan kualitas dan tingkat konsumsi warga. "Ramadhan  telah memainkan peran utama dalam keputusan mereka untuk menaikkan harga," kata seorang pedagang di Jeddah.
Beberapa pedagang sengaja bertahan dengan harga ternak mereka untuk menjual dengan harga lebih tinggi selama musim panas dan bulan Ramadhan ini. Beberapa pedagang mengatakan harga kemungkinan akan terus meningkat sepanjang musim panas sehinga harga domba bisa naik menjadi SR1.400.
Harga memang cenderung naik setelah pemerintah Arab Saudi melarang impor ternak. Padahal kebutuhan Arab Saudi mencapai 6 juta ekor domba yang selama ini 80 persen diimpor dari berbagai negara. (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Informasi Haji 173961483665857784

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item