Tarip Penerbangan Arab Saudi Meroket

Pesawat di bandara Jeddah Jakarta (KW-News). Penerbangan internasional yang beroperasi di Kerajaan telah menaikkan tarif mereka untuk me...

Pesawat di bandara Jeddah
Jakarta (KW-News). Penerbangan internasional yang beroperasi di Kerajaan telah menaikkan tarif mereka untuk membuat keuntungan maksimum selama musim panas ketika ribuan warga Saudi dan ekspatriat bepergian ke luar negeri untuk menghabiskan liburan mereka.



Khalil Al-Nashmi, asisten direktur sebuah agen perjalanan di Dammam, mengatakan bahwa beberapa penerbangan internasional menaikkan harga tiket pesawat sebesar 30 persen untuk tujuan seperti Istanbul dan Kuala Lumpur, yang merupakan tujuan liburan favorit bagi Saudi.
Turkish Airlines menaikkan harga tiket nya dari Dammam ke Istanbul dari SR 1.200 sampai SR 3.500. SriLankan menaikkan harga ke Kuala Lumpur dari SR 1.800 sampai SR 3.800.
Dia mengatakan kenaikan berlaku untuk maskapai penerbangan negara-negara Arab lainnya dan negara Teluk. Tarip dari Dammam ke Istanbul naik dari SR 2.000 sampai SR 4.500. Kenaikan antara lain dipicu  peningkatan biaya parkir pesawat di bandara serta kenaikan harga bahan bakar.
Mohammed Abdul Rahman dari Transworld Travel di Jeddah mengatakan, penerbangan telah mengadopsi sistem otomatis untuk meningkatkan harga pada waktu puncak musim liburan. "Bila ada permintaan yang tinggi, harga otomatis naik. Kita bisa melihat perubahan tarif dengan hanya menonton situs web mereka," katanya, menambahkan bahwa semua penerbangan penuh dipesan selama musim panas ini yang bertepatan dengan Ramadhan, musim umrah, liburan sekolah dan pemulangan pekerja dan pendatang haram.
"Tidak ada kontrol pemerintah pada tarif. Hal ini terutama ditentukan oleh permintaan dan faktor pasokan," kata Abdul Rahman kepada harian Arab News edisi Sabtu, 1 Juni hari ini. Beberapa maskapai penerbangan, katanya, menawarkan sekitar 20 harga yang berbeda pada sektor tunggal. "Sebagian besar penerbangan yang beroperasi ke dan dari Jeddah penuh karena umrah," jelasnya.
Menurut Al-Nashmi, biaya parkir di pesawat di bandara Saudi lebih tinggi daripada biaya di bandara tetangga seperti Bahrain, Kuwait dan UEA. Namun juru bicara GACA mengatakan dia tidak menyadari kenaikan biaya.
"Sejumlah bandara tetangga menganggap biaya parkir akan cocok dan kompetitif untuk perusahaan penerbangan internasional," kata Al-Nashmi dan mendesak pemerintah Saudi untuk meninjau kembali keputusan untuk meningkatkan biaya parkir.
Mohammad Ayyash, agen perjalanan di Dammam, mengatakan keluarga Saudi membayar lebih dari SR 40.000 untuk bepergian ke luar Teluk. "Jika mereka pergi ke tujuan yang sama dari Bahrain mereka hanya membayar SR 29.000, dan 24.000 SR jika mereka pergi dari Kuwait," katanya. Tapi, Saudi berharap bisa meraup SR 40 miliar dari pariwisata asing tahun ini. (ArabNews/MH)

Baca Juga:

Internasional 3376704401487424508

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item