Dana Tabung Haji Lebih Rp 100 Triliun

Datuk Jamil Khir Baharom Jakarta (KW-News). Menteri pada jabatan Perdana Menteri Malaysia Datuk Jamil Khir Baharom mengatakan bahwa nas...

Datuk Jamil Khir Baharom

Jakarta (KW-News). Menteri pada jabatan Perdana Menteri Malaysia Datuk Jamil Khir Baharom mengatakan bahwa nasabah Tabung Haji kini mencapai 7,9 juta, meski pendaftar hajinya hanya 1,1 juta orang. Total dana yang dihimpun lembaga itu telah mencapai RM34.9 miliar, atau lebih dari Rp 100 triliun. (Bandingkan dengan jumlah setoran jemaah aji kita yang mencapai Rp 52 triliun).



Baharom meminta umat Islam yang pernah mengerjakan haji diminta memberi kesempatan kepada mereka yang belum berhaji, termasuk lebih 14.000 jemaah yang berusia 75 tahun ke atas. Tabung Haji akan memberi prioritas utama kepada mereka yang kali pertama ingin menunaikan Rukun Islam kelima itu, berkenaan dengan kuota negara yang hanya 28.000 jemaah.
Tempoh lima tahun diberikan sebagai syarat seseorang bisa malaksanakan haji ulang. “Bagaimanapun, mereka yang mendaftar awal dalam sistem turutan (automatik berdasarkan tarikh pendaftaran haji) akan diutamakan. Selain itu, warga tua berusia 75 tahun ke atas akan diberi keutamaan menunaikan haji namun jika mereka pernah menunaikannya, kuota akan diberikan kepada orang lain,” katanya.
Jamil Khir juga akan mempertimbangkan untuk memberi kuota mahram kepada keluarga atau saudara terdekat kepada bakal jemaah lanjut usia dan orang kelainan upaya (OKU) yang terpilih menunaikan haji. “Sebaik-baiknya berilah laluan kepada mereka yang lebih layak,” katanya. (BeritaHarian/MH)

Baca Juga:

Internasional 7842950360182514223

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item