Masa Tunggu Jemaah Haji Malaysia 30 Tahun

Kuala Lumpur (KW-News). Menteri pada jabatan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Jamil Khir menyatakan bahwa nasabah Tabung haji telah menc...

Kuala Lumpur (KW-News). Menteri pada jabatan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Jamil Khir menyatakan bahwa nasabah Tabung haji telah mencapai 8 juta nasabah. Sedangkan yang mendaftar hanya tercatat 850.000 jemaah. Sementara kuota haji Malaysia setiap tahunnya hanya 28.000 jemaah haji. Sehingga masa tunggu jemaah haji Malaysia bisa mencapai 30 tahun lebih.



Dalam kaitan ini, maka pemerintah Malaysia akan memprioritaskan jemaah usia tua yang sebagian besra justru telah berusia 75 tahun ke atas.
Meski tarip haji Malaysia ditetapkan sebesar RM9.980, namun itu merupakan harga subsidi untuk jemaah haji. Sementara untuk bukan jemaah subsidi ditetapkan tarip RP14.880. Jadi sekitar RM5.000 subsidi yang digelontorkan untuk jemaah haji Malaysia. Jemaah yang tidak disuibnsidi antara lain, seseorang yang pernah haji, pendampingi jemaah haji yang uzur, suami atau istri yang menemani suami/istrinya, dan anak-anak yang belumk wajib haji.
Sementara itu diberitakan  juga, bahwa hingga kini masih terdapat seorang jemaah haji asal malaysia yang masih dirawat di RS Arab Saudi. Namanya, Omar Din, usia 77 tahun, asal Kedah, yang hingga kini masih koma di RS Raja Abdullah di Jeddah. Omar mengalami probleka paru-paru dan saluran urin. Sesuai dengan perjanji8an antara Arab Saudi dan Malaysia, setiap jemaah haji yang sakit akan menjadi tanggungan Kerajaan Arab Saudi hingga sembuh. Sementara biaya pemulangannya akan ditanggung maskapai penerbangan yang bertanggungjawab.(MH)

Baca Juga:

Internasional 8056776786357651485

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item