Catat Rekor Naik Haji 60 Kali

Jakarta (KW-News). Seorang imam masjid di Arab Saudi yang telah berusia 80 taun tercatat telah melaksanakan haji 60 kali. Dioa adalah Syai...

Jakarta (KW-News). Seorang imam masjid di Arab Saudi yang telah berusia 80 taun tercatat telah melaksanakan haji 60 kali. Dioa adalah Syaikh Yahya Jabral Solaiman Al-Malki. Ia berhaji pertama tahun 1954 ketika berkuasa Raja Saud.
"Haji sekarang senyaman piknik berkat layanan luhur yang disediakan untuk para tamu Allah oleh pemerintah Saudi di bawah kepemimpinan Khadimul Haramain Raja Abdullah dan Putra Mahkota Pangeran Salman," katanya. Sheikh Al-Malki adalah imam masjid Hiraz di Al-Dair, provinsi Jazan, wilayah barat laut Kerajaan Arab Saudi. Ia mengatakan layanan lengkap yang diberikan kepada jemaah telah memungkinkan ia melakukan ritual haji dalam kemudahan dan kenyamanan. "Tidak ada perbandingan antara layanan haji hari ini dan masa lalu ketika sumber daya yang kurang," katanya .
Al-Malki ingat bahwa ia melakukan haji untuk pertama kalinya dengan ayahnya pada tahun 1954 pada masa pemerintahan Raja Saud. "Itu adalah pengalaman yang melelahkan yang saya tidak akan pernah lupa. Sumber daya yang sangat sedikit dan transportasi miskin," katanya.
Ia mengatakan perjalanan dari Jazan ke Mekah memakan waktu dua minggu. "Tidak ada jalan beraspal dan yang jalan mobil-mobil tua dan berasap," tambahnya. Tidak cukup air, makanan atau toilet di tempat suci. "Jumlah jemaah haji waktu itu hanya sekitar 250.000. Kami dulu tinggal di tenda-tenda di dekat Jamarat di Mina. Kita harus jalan kaki menuju Mina, Arafah dan Muzdalifah," katanya.
Al-Malki mengatakan ia telah melakukan haji untuk dirinya sendiri, orang tuanya, kerabat dan sejumlah anak-anaknya yang mati muda. Dan ia tetap bertekad untuk bisa naik haji sepanjang Allah masih memberi panjang usia. Adakah yang mengusulkan untuk mendapat rekor dunia Guinness? (SaudiGazette/MH)

Baca Juga:

Serba Serbi 2608793629881766681

Posting Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item