Jemaah Haji Tertua dari Rusia

Jakarta (KW). Jemaah haji yang diperkirakan tertua tahun ini adalah  Madinat Dzandzieva yang berusia 110 tahun. Menurut Interfax edisi Jumat...

Jakarta (KW). Jemaah haji yang diperkirakan tertua tahun ini adalah  Madinat Dzandzieva yang berusia 110 tahun. Menurut Interfax edisi Jumat, 18 November, warga Ingushetia itu telah kembali ke tanah airnya setelah melaksanakan haji sekitar sebulan.



"Madinat Dzandzieva (Dudarova) berangkat menuju tanah suci dengan pesawat terbang dari Nalchik ke Yordania. Kemudian dia ke Arab Saudi melalui jalan darat sejauh 1700 kilometer ke Madinah dengan jemaah lainnya. Tapi, pulangnya, atas tanggungan Konsulat Rusia ia kembali ke rumah dengan
penerbangan langsung. Tentu saja, kami senegara penuh kaguman dan hormat. Allah memberinya kekuatan untuk melaksanakan ibadah haji," kata Mufti Ingushetia Yes Hamhoyev kepada Interfax.
Mufti tersebut menyebut kasus ini unik, sebab, seorang pada usia di atas 100 tahun itu tidak ingin bepergian, apalagi ke tanah suci yang jauh. Hanya dua orang dari Rusia berusia lebih dari 100 telah melaksanakan ibadah selama sepuluh tahun terakhir.
Menurut pejabat di Ingushetia, Dzandzieva kehilangan penglihatan pada tahun 1987, tapi dia masih berharap bahwa ia akan bisa mengunjungi Tanah Suci dan melengkapi salah satu dari lima rukun Islam.
Sebelum berangkat untuk haji, ia diperiksa tim dokter Ingushetia yang mengatakan bahwa kesehatannya sangat baik dan memungkinkan perjalanan.
Namun, dalam catatan sejarah perhajian, jemaah tertua adalah Habib Miyan yang wafat dalam usia 138 tahun tiga tahun lalu dan berhaji tahun 2004.
Miyan terdaftar sebagai pria tertua negara itu. Ia dikenal sebagai pemain musik klarinet dalam sebuah band maharaja sebelum pensiun 70 tahun lalu.
Dalam buku pensiun menunjukkan bahwa tanggal lahir Miyan adalah 20 Mei 1879 - yang mencatatkan dirinya sebagai manusia tertua di dunia. Dalam catatan Guinness World Records tahun 2008, manusia tertua adalah seorang wanita Jepang, Yone Minagawa, yang berusia 114 tahun.
Ketika Miyan wafat tahun 2008, ribuan orang melayat dan mengantar ke pemakaman di Jodhpur, 340 kilometer dari  Jaipur. Miyan meninggal karena serangan demam dan disentri, seperti dijelaskan  Munni, keponakannya.
"Jika Anda memperlakukan tubuh Anda dengan baik, tubuh akan memperlakukan Anda dengan baik," kata Habib Miyan ketika ditanya rahasia usia panjangnya.
Habib Miyan menjadi berita utama internasional pada tahun 2004 ketika ia memenuhi cita-citanya menunaikan ibadah haji dan menjadi salah satu jemaah haji tertua dalam sejarah perhajian.
Habib Miyan, yang istrinya meninggal sekitar 70 tahun lalu, tinggal di wilayah Muslim di Jaipur, Rajastan. (MH)
Keterangan foto: Habib Miyan sepulang dari haji tahun 2004.

Baca Juga:

Internasional 8310638610532671612

Poskan Komentar

emo-but-icon

Video Berita Haji

Populer

Terbaru

Iklan

item